Senin, 16 Mei 2011

Pengumuman UN 2011

Sekitar satu bulan menunggu pengumuman sejak Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA dilaksanakan pada tanggal 18/04/2011. Akhirnya semua berakhir manis pada hari senin, 16/05/2011. Khusus di SMA Negeri 21 makassar(sekolah tercinta), tidak ada kesedihan yang terpancar di antara kami, tetapi yang ada adalah canda dan tawa karena kebahagiaan (selamat..selamat...selamat...)

Kebahagian ini sangat terasa buat para guru dan siswa di SMA 21 Makassar. Apalagi fakta menunjukkan 100% teman-teman kami yang mengikuti ujian semuanya lulus, kecuali 2 orang teman kami yang memang tidak mengikuti ujian nasional pada waktu itu.

Kami para siswa SMA/MA angkatan 2008/2009 yang mengikuti ujian nasional kemarin sebenarnya sangat bersyukur dengan adanya peraturan baru dari DEPDIKNAS. Nilai akhir (NA) kelulusan diambil dari 40% nilai ujian sekolah (US) dan 60% nilai ujian nasional (UN). Sehingga tidak terlalu membuat kami para siswa menjadi tertekan menghadapi ujian nasional.

Khusus untuk angkatan kami, sebetulnya masih cukup trauma dengan ujian nasional SMP tiga tahun yang lalu. Ujian nasional yang menggagalkan ratusan siswa di Makassar. Khusus untuk SMP Negeri ## Makassar(sekolah tercinta mi sdeng...), yang notabene adalah sekolah berstandar nasional, tetapi siswanya yang gagal di ujian nasional bisa mencapai angka 40an siswa. Bisa dibayangkan, bagaimana dengan sekolah-sekolah lain.

Yang menjadi faktor utama banyaknya siswa yang tidak lulus pada UN SMP tahun 2008 adalah karena adanya peraturan baru dari DEPDIKNAS yang menaikkan nilai akhir kelulusan dan dimasukkannya bidang studi ipa untuk pertama kali ke dalam ujian nasional. Sehingga banyak yang menganggap angkatan kami sebagai angkatan percobaan oleh DEPDIKNAS.

Peraturan baru dari DEPDIKNAS untuk ujian nasional SMA tahun 2011 ini sempat membuat kami cemas, mengingat kejadian tiga tahun lalu. Tetapi setelah dipahami dengan baik, hasilnya sangat jauh berbeda dengan tigatahun yang lalu. Angkatan kami berhasil melewati ujian nasional kali ini dengan baik, saya bangga menjadi bagian dari ankatan ini...

Dan untuk sekarang tugas kami adalah mempersiapkan diri untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Yaitu tahap yang merupakan awal sesungguhnya dari masa depan yang insya allah akan kami raih. Lulus di perguruan tinggi idaman adalah tahap selanjutnya yang harus kami hadapi....

Amin Ya Rabbal Alamin...

0 komentar:

Posting Komentar